Laptop Anda Kena Virus? Itu Cara Membersihkannya

laptop-anda-kena-virus-ini-cara-membersihkannya-1

JAKARTA – Cara membersihkan virus di laptop cukup mudah. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat ditiru buat menghapus virus dari laptop Anda.

Dalam banyak kasus, menggunakan koalisi Safe Mode bawaan jinjing Anda dan program antivirus sudah cukup untuk menghapus virus. Perlu diingat, tidak semua virus bisa dihapus.

Artinya, Anda mungkin harus menginstal ulang sistem operasi komputer dibanding awal untuk menghilangkan virus. Bagi yang ingin pelajaran cara menghapus virus dalam laptop jangan khawatir. Berikut ini cara membersihkan virus di laptop sebagaimana dikutip dari Wikihow, Selasa (20/4/2021).

BACA JUGA: Bangun Kesehatan Mata Anda lantaran Paparan Cahaya Layar Gadget, Ini Tipsnya

1. Cara Membuang Virus di Laptop Windows

– Buka Windows Security Panel

– Grup Virus & treat protection

– Klik scan options. Biasanya terletak di sebelah kanan panel

– Select Microsoft Defender Offline Scan

– Klik Scan noe. Tindakan itu akan mereboot PC ke mode offline yang bertambah aman sehingga dapat memindai virus dan malware sepenuhnya. Pemindaian akan memakan masa sekitar 15 menit & PC akan restart secara otomatis setelah selesai.

– Re-open Windows Security dan select Virus & threat protection. Anda akan ingin melakukan tersebut segera usai PC Kamu restart setelah scan.

BACA JUGA: Mematikan Sering Memangku Laptop untuk Kesehatan, Baca Ya!

– Klik Riwayat proteksi untuk melihat hasilnya. Jika ada virus ataupun malware yang ditemukan semasa pemindaian, Anda akan melihat tindakan yang diambil oleh Microsoft Defender.

– Restart komputer Anda dalam Safe Mode. Safe Mode adalah versi sistem operasi komputer Anda dengan hanya memuat file serta layanan yang diperlukan, jadi sebagian besar virus tak mungkin berjalan.

– Buka Disk Cleanup

– Delete file temporary dan system information

semrawut Download dan extract Autoruns

– Gunakan Autoruns untuk menghapus file malicious

– Restart Windows

– Ubah halaman home browser jika perlu

– Jalankan Malwarebytes malware scan

– Reinstall Windows jika perlu