Xiaomi Daftarkan Paten Pengisian Daya Baterai Lewat Suara

xiaomi-daftarkan-paten-pengisian-daya-baterai-lewat-suara-1

PARA produsen smartphone kini berlomba menghadirkan inovasi terbaru yang beda dari lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, salah satu kemajuan terbesar datang dari sektor pengisian daya smartphone.

Terbaru, Xiaomi medapatan telah mendaftarkan paten untuk sebuah teknologi pengisian daya baterai smartphone yang cukup revolusioner di industri yakni Sound Charging.

 

Hal tersebut terungkap berdasarkan paten yang sudah didaftarkan ke CNIPA (China National Intellectual Property Administration).

Mengutip laman Gizchina, Senin (21/6/2021), paten mengungkapkan beberapa detail penting seputar teknologi baru ini. Xiaomi, tampaknya, sedang mengerjakan teknologi yang akan menggunakan suara dan komponen lain untuk mengisi daya perangkat.

Teknologi Sound Charging itu mencakup perangkat pengumpul suara, dan sejumlah perangkat untuk mengonversi energi dan daya yang mengubahnya dari getaran suara di lingkungan sekitar ke getaran mekanis.

Selain pengisian suara, paten juga melibatkan perangkat penyimpan energi dan perangkat elektronik.

Paten Xiaomi lebih lanjut mengungkapkan bahwa perangkat elektronik akan mengubah getaran mekanis ini menjadi arus bolak-balik (AC). Ini akan diubah menjadi arus searah (DC) menggunakan perangkat konversi daya.

Bila paten pengisian daya ini benar akan terwujud, maka pengguna smartphone atau perangkat elektronik Xiaomi lainnya dapat mengisi baterai tanpa harus mengandalkan soket listrik.

(DRM)