Waspada Penipuan Phishing Berhadiah PS5

waspada-penipuan-phishing-berhadiah-ps5-1

JAKARTA – Perusahaan keamanan siber Kaspersky menjumpai cukup banyak penipuan yang memberi taruhan hadiah PlayStation 5 pada dunia maya.

Dalam keterangan persnya, Sabtu 10 April 2021, Kaspersky menemukan ada beberapa langgam phishing yang digunakan buat menyebarkan tautan hadiah PS5, salah satunya melalui email.

Baca serupa:   3 Cara Pelaku Kejahatan Bobol Rekening Bank

Penipu dan peretas seringkali memanfaatkan segalanya yang sedang populer buat menyebarkan kejahatan siber, seolah-olah mendompleng nama konsol game yang sedang dicari kaya PlayStation 5 untuk menipu.

Kaspersky menjumpai penipu menggunakan nama pengirim yang mirip dengan sistem betulan, namun, tidak mengenai dengan konsol game, misalnya perusahaan farmasi.

Baca juga:   Fitur Baru Instagram Cegah Pemakai Jadi Korban Phising

Penipu meminta target untuk mengikuti kompetisi dengan mendaftarkan alamat email, sesudah itu korban diminta membuka situs e-commerce palsu.

Untuk memanipulasi hati korban, penipu mengatakan korban adalah salah satu pemenang undian hanya memberikan zaman beberapa detik untuk memberikan konfirmasi, seolah hadiah hendak hangus jika tidak cepat mengiyakan.