Viral Alat Deteksi Orang dengan Sudah Divaksin, Begini Faktanya

viral-alat-deteksi-orang-yang-sudah-divaksin-begini-faktanya-1

SAAT tersebut semakin banyak alat buat mendeteksi suhu tubuh. Bukan lagi termometer digital, apalagi termometer air raksa. Di beberapa tempat, termometer yang dipasang bisa langsung mempelajari banyak orang sekaligus.

Namun, beberapa keadaan belakangan beredar kabar bahwa telah dikembangkan alat buat mendeteksi siapa yang sudah divaksin, dan siapa yang belum.

Dalam lini masanya, pemilik akun Facebook ARyadiila mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan sejumlah karakter lalu-lalang di sebuah ustaz.

Tampak dalam cuplikan gambar sepanjang 30 detik itu, ada pejalan kaki yang terdeteksi dengan kotak hijau maupun tempat merah.

Beserta narasi yang dituliskan sang pengunggah:

Hebatnya Zaman Yg Tervaksin and Yg Blom Mau Ketahuan.. yg kotak abang yg sudah tervaksin.

Lantas, benarkah penerima vaksin COVID-19 bisa dideteksi kamera?

Informasi yang dihimpun dari technologyreview. com, cuplikan gambar yang beredar tersebut bukanlah kamera pendeteksi orang yang sudah atau belum divaksin COVID-19.

Faktanya, video tersebut menampakkan cara kerja aplikasi bertanda Landing AI yang dikembangkan Andrew Ng.

Aplikasi tersebut merupakan juru bicara pemantau yang mengeluarkan keterangan, ketika ada orang dengan berada kurang dari renggang yang diinginkan dari seorang rekan atau terkait “social distancing”.

Tempat merah menunjukkan seseorang berharta pada jarak yang sungguh-sungguh dekat, dan kotak muda artinya jarak seseorang dengan rekannya terpantau aman.

(dwk)