Varian Delta Covid-19 Disebut sejak Radiasi Jaringan 5G, Itu Faktanya

BELUM lama ini media baik dihebohkan dengan unggahan kolase foto-foto tower provider seluler dengan narasi yang tak masuk akal. Mereka menyuarakan bahwa varian Delta dengan saat ini merebak dalam seluruh belahan dunia, adalah radiasi dari sinyal 5G.

Tak hanya itu, unggahan tersebut pun menjelaskan bahwa varian Delta ini adalah agenda yang berfungsi untuk pengurangan jumlah penduduk. Lantas apakah informasi tersebut benar adanya?

 

Merangkum sebab laman Instagram resmi Komisi Percepatan Covid-19 dan Perbaikan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Senin (30/8/2021), faktanya data yang beredar tersebut tidak lah benar atau hoax. KPCPEN pun mencoba memberikan penjelasan terkait dengan kabar tersebut.

Sekadar fakta, dalam kolase foto tersebut merujuk nama Delta dengan ada dalam foto tersebut. Namun Delta yang dikenal tersebut bukanlah varian virus Covid-19, melainkan identitas salah satu perusahaan.

“Nama Delta dalam foto tower tersebut merupakan identitas Delta Group atau Delta Power Solutions. Sebuah bisnis infrastruktur Taiwan yang didirikan pada 1971. Peralatan 5G dengan diproduksi oleh penyedia energi asal Taiwan tersebut, tidak berkaitan dengan varian Delta Covid-19, ” tulis unggahan tersebut.

Sebab sebab itu, masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati secara informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan dalam media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

(DRM)