Tulang kepala Manusia Purba Berusia 2 Juta Tahun Ditemukan di Gua Afrika

Tulang kepala Manusia Purba Berusia 2 Juta Tahun Ditemukan di Gua Afrika

TENGKORAK berusia 2 juta tahun dari spesies manusia yang telah punah ditemukan di kedalaman suatu gua di Afrika Selatan. Tengkorak jantan yang hampir lengkap itu milik kerabat manusia purba dengan dikenal sebagai Paranthropus robustus dan hidup di sekitar ujung selatan Afrika dari sekira 2 juta tahun lalu.

Dikutip dari IFL Science , Jumat (13/11/2020), penemuan ini pertama kali ditemukan di dalam 2018 oleh para peneliti sebab Departemen Arkeologi Universitas La Trobe di Australia. Sejak ditemukan di Afrika Selatan pada 20 Juni, para peneliti telah menjuluki marga tersebut “Fosil Hari Ayah” karena bertepatan dengan momen itu.

Baca pula: Peneliti Temukan Lutung Jenis Pertama Penghuni Gunung Berapi 

Seperti dilaporkan dalam buku harian Nature Ecology and Evolution, para-para peneliti yang menemukan spesimen tersebut mengatakan bahwa itu adalah fosil spesies yang paling awal diketahui dan terawetkan yang pernah terlihat. Hal ini dapat menghasilkan kaum wawasan menarik tentang spesies arkais misterius ini.

Menariknya, fosil yang baru ditemukan ini menunjukkan Paranthropus robustus muncul lebihkurang pada waktu yang sama secara Homo erectus. Ini menunjukkan bahwa kedua spesies tersebut berbagi pemandangan yang serupa pada waktu yang pas sekira 2 juta tahun lulus.

Baca juga: Dua Spesies Baru Mamalia Glider Ditemukan di Australia 

Para peneliti mengatakan pengamatan ini bisa memiliki beberapa implikasi besar. Pasalnya, ukuran tengkorak dengan berbeda menunjukkan perbedaan jenis kelamin.

Tim berpendapat mereka mungkin mewakili perubahan anatomi antara kelompok berbeda yang disebabkan mutasi iklim lokal di Afrika Daksina saat ini.

(han)