Setara seperti Hewan Lain, Serigala Juga Bisa Merindukan Pemiliknya

Setara seperti Hewan Lain, Serigala Juga Bisa Merindukan Pemiliknya

MEMILIKI hewan peliharaan merupakan satu diantara cara untuk mengisi kebosanan di rumah. Sebagian besar orang menuruti kucing atau anjing untuk dipelihara. Namun, apakah Anda pernah beripikir untuk memiliki hewan peliharaan seolah-olah serigala?

Serigala mungkin dikenal terlalu buas untuk dipelihara. Namun ternyata serigala dapat menjalin ikatan yang dalam dengan manusia dan bahkan merindukan kehadiran orang-orang tertentu khususnya bagi mereka yang telah membesarkan dan mendidik secara baik seperti memelihara anjing.

Baca juga: Terang Utuh, Warga Temukan Kepala Serigala Berusia 40 Ribu Tahun 

Anjing telah menjadi sahabat umat manusia selama beribu-ribu tahun, sebagian besar perkiraan menyatakan keberadaan anjing terjadi antara 10 hingga 40 ribu tahun semrawut. Landasan dari hubungan yang panjang dan bermanfaat ini adalah kepandaian anjing menunjukkan keterikatan terhadap pemiliknya.

Dalam upaya buat mengetahui asal-usul keterikatan dengan bani adam, para peneliti dari Universitas Eotvos Lorand di Hongaria mempelajari serigala abu-abu yang dipelihara oleh bani adam.

Seperti dijelaskan dalam jurnal Scientific Reports, para peneliti mengumpulkan 11 serigala tawanan yang semuanya dipelihara secara individu oleh manusia, dan menempatkan mereka melalui tes penguraian, di mana mereka ditinggalkan seorang diri oleh pemiliknya. Tiga menit pada tempat yang asing. Mereka mengandaikan reaksinya dengan sembilan anjing dalam skenario yang sama. Semuanya merupakan hewan peliharaan keluarga manusia.

Baca juga: 3 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Kulit Glowing, Cegah Penuaan!

“Kami terkejut betapa kecil perbedaan antara perilaku serigala dan anjing selama pengujian. Ketika pawang atau pemiliknya hadir, mereka menjadi bertambah tenang, mereka menghabiskan waktu menjelajahi sekitarnya dan mengendus-endus. Tapi ketika ditinggalkan oleh pawangnya, mereka menjadi stres, merengek, dan menarik hubungan ke arah tempat persembunyiannya. Namun ketika orang asing itu menghilang, perilaku ini hampir tidak hidup, ” ungkap Tamas Farago, penulis utama studi baru ini, sebagaimana dikutip dari IFL Science , Sabtu (17/10/2020).

Para peneliti juga secara cepat menekankan bahwa serigala di dalam penelitian ini adalah serigala yang berbeda dengan serigala liar yang ada di hutan dan ternyata mereka sangat akrab dengan pribadi.

(han)