Piawai Berapa Anak Diizinkan Memiliki Hp?

Piawai Berapa Anak Diizinkan Memiliki Hp?

JAKARTA – Ponsel saat ini menjadi kebutuhan sehari-hari. Orangtua tentu memerlukan perangkat telefon genggam untuk mendukung aktivitas maupun pekerjaan mereka. Bagaimana dengan anak-anak?

Telefon genggam yang terhubung dengan internet berpunya menjadi jendela informasi, baik data yang positif maupun negatif. Mengingat dampak buruk yang bisa lahir akibat penggunaan ponsel tersebut, tentu anak-anak harus diberikan perhatian khusus.

Kapan anak-anak diizinkan memiliki ponsel? Dikutip Pandasecurity , riset yang membabitkan 1. 000 warga Amerika menunjukkan, sebanyak 40 persen berpikir kalau anak harus menunggu hingga leler 11-13 tahun sebelum memiliki hp pintar.

Sementara sepertiga responden mengatakan bahwa orangtua harus menunggu sampai SMA (high school) untuk memberikan smartphone ke anak-anak mereka.

Meskipun mayoritas orang berpendapat anak-anak harus menunggu untuk memperoleh smartphone, tetapi kenyataannya justru bertentangan.

Survei menunjukkan bahwa rata-rata usia anak-anak dengan mendapatkan ponsel adalah 10 tarikh. Dilaporkan bahwa 25% anak pada bawah usia enam tahun mempunyai ponsel dan setengahnya menghabiskan 21 jam seminggu untuk menggunakannya.

Tren anak-anak memperoleh ponsel cerdas sebelum waktunya ialah penyebab kekhawatiran.

Ada banyak ketakutan terkait anak-anak yang memiliki smartphone. Beberapa kejadian yang menjadi kekhawatiran antara lain membuat ketagihan, potensi cyberbullying, landasan konten negatif, kekerasan, masalah kesehatan, dan masalah lainnya.

(ahl)

Loading…