Peneliti Pecahkan Teka-teki Zat Aneh Mirip Gel di Bulan

Peneliti Pecahkan Teka-teki Zat Aneh Mirip Gel di Bulan

BEIJING – Peneliti berhasil memecahkan teka-teki gel berwarna hijau pada Bulan. Objek tersebut ditemukan oleh rover China Yutu-2 di kawah sisi jauh Bulan tahun lalu, dikutip iNews .

Tim yang dipimpin para peneliti di Chinese Academy of Science menerbitkan analisis substansi dalam jurnal Earth and Planetary Science Letters. Menurut studi zat mirip gel berwarna hijau ialah batu atau lebih tepatnya breksi dampak lelehan.

Breksi adalah batu yang terbuat dari pecahan batu atau mineral yang disatukan.

Yutu-2, bagian dari misi lunar lander China Chang’e 4 untuk menyelidiki sisi jauh misterius Bulan mengamati lebih dekat penemuan aneh pada akhir 2019. Manuvers ini memberi para ilmuwan melimpah data untuk dikerjakan dan meraih kesimpulan batu yang meleleh.

Para peneliti menggambarkan zat itu kehijauan dan kemilau gelap. Mereka memperkirakan zat mempunyai lebar seukuran 20 inci. Zat dibentuk oleh pengelasan akibat dampak, penyemenan, dan aglutinating regolith Bulan lalu breksi.

Dampak meteorit mungkin sudah diduga. Menurut studi, glasses di lunar regolith pada umumnya bersumber dari dampak lelehan / letusan gunung berapi.

Studi ini juga menemukan batuan yang meleleh menyerupai sampel breksi Bulan yang dikembalikan oleh misi Bulan Apollo NASA. Salah satu pertanyaan besar seputar zat mirip gel tampaknya telah terjawab yakni bukan alien.

(ahl)

Launching…