Peneliti Buat Robot Cumi-Cumi yang Santun Kehidupan Laut

Peneliti Buat Robot Cumi-Cumi yang Santun Kehidupan Laut

TIM peneliti lantaran Universitas California, San Diego, Amerika Serikat, membuat robot mirip cumi-cumi yang dapat menjelajah lautan. Manusia mesin yang berfungsi membantu penelitian tersebut memiliki tubuh lunak dan sopan, jadi lebih ramah lingkungan, karena tidak akan merusak karang ataupun benda laut lainnya.

Dikutip dari Ubergizmo , Minggu (11/10/2020), robot tersebut dapat bergerak seperti cumi-cumi, bahkan juga bisa mengeluarkan pewarta dari belakangnya. Namun, ini bukanlah robot yang bisa melaju cepat karena hanya dapat berenang secara kecepatan 0, 5 mil mulai jam.

Baca juga: Intip CubeRover, Robot Seukuran Tempat Sepatu untuk Misi Bulan 

Guna membantu manusia mesin bergerak, para peneliti memberikan bentuk propulsi yang bekerja dengan menancapkan air ke tubuh robot, kemudian mengeluarkannya untuk membuat semburan tirta yang mendorong robot ke ajaran.

Robot tersebut selalu dilengkapi benda-benda seperti sensor dan kamera untuk membantu para peneliti melihat apa yang ada pada dasar laut dan merekamnya pada bentuk data.

Baca juga: Kain Robotik Tersebut Diklaim Bisa Berubah Sendiri Oleh karena itu Tenda 

Sejauh ini para insinyur telah berhasil menguji robot itu di akuarium besar. Berdasarkan hasil pengujian, tampaknya robot tersebut nantinya bisa dimanfaatkan di alam nyata.

(han)