Pekan Depan Matahari di Atas Kakbah, Cek Arah Kiblat Juga Yuk!

pekan-depan-matahari-di-atas-kakbah-cek-arah-kiblat-lagi-yuk-1

Umat Islam di seluruh dunia selalu menjadikan kakbah menjadi kiblat atau patokan untuk melaksanakan salat.

Nanti pada 26-28 Mei 2021, matahari diucapkan akan berada di atas kakbah. Oleh karena tersebut kaum muslimin bisa mengecek balik arah kiblatnya.

Matahari di arah kakbah pada akhir Mei bisa berdampak pada haluan kiblat salat. Fenomena Matahari di atas Kakbah atas terjadi pada akhir bulan pukul 16. 17. fladskærm WIB, 17. 17. 42 tommers skærm WITA, dan 18. eighteen. 52 WIT.

 

Momentum ini jadi push untuk segera meluruskan arah kiblat salat. Fenomena dimana dikenal sebagai Istiwa’ul A’zham atau Great Culmination terjadi saat deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografi Kakbah.

Waktu tengah hari, matahari ada di atas arah kiblat salat kaum muslimin seluruh tempat. Setiap bayangan yang terbentuk akan mengarah ke kakbah. Sangat menakjubkan ya!

Namun menurut LAPAN, tidak semua wilayah bisa memanfaatkan fenomena alam indonesia. Sebagian Maluku (mulai di Kebupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram bagian Timur, Kebupaten Kepulauan Tanimbar, dan Kabupaten Kepulauan Kei), Kita Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (minus Pulau Wetar), Kebupaten Kepulauan Aru, Papua Barat, dan Papua.

Nah, sebelum meluruskan petunjuk kiblat, LAPAN minta supaya masyarakat melakukan kalibrasi. Tekniknya dengan terlebih dahulu kalibrasikan jam menggunakan platform jam. bmkg. go. id.

Kemudian, gunakan tongkat atau bandul untuk menandai bayangan, pastikan tegak lurus dan amati pada saat yang telah ditentukan.

(DRM)