Lengah Mungil T-Rex Ada Fungsinya Gak Sih? Ini Faktanya

tangan-mungil-t-rex-ada-fungsinya-gak-sih-ini-faktanya-1

SEBAGIAN luhur penduduk bumi tentu tidak asing dengan sosok Tyrannosaurus Rex atau yang dekat disebut T-Rex. Hewan purbakala yang sering muncul dalam film tersebut dikenal sebagai salah satu predator paling buas sepanjang sejarah.

Dengan ukuran awak raksasa dan gigi taring yang memenuhi mulutnya, menyusun citra T-Rex sangat menyeramkan. Namun apabila seseorang teliti, terdapat ‘keanehan’ pada periode tubuh T-Rex yaitu lengah nya yang sangat mini jika dibandingkan dengan ukuran badannya.

Pertanyaan laksana mengapa bisa hingga apa fungsinya tentu otomatis bakal menyelimuti benak. Pernah terpikirkan hal yang sama? Untuk menyelami jawabannya, langsung saja simak ulasannya yang telah MNC Portal Indonesia rangkum sebagai berikut!

Fungsi Memangsa


Steven Stanley, seorang ahli paleontologi Universitas Hawaii di Manoa meyakini jika tangan Tyrannosaurus berfungsi sebagai alat penyerang mangsa yang mematikan sebab jarak dekat. Dengan memanfaatkan cakar yang berukuran sekitar 10 sentimeter, T-rex menorehkan luka sayatan yang di dalam pada mangsanya.

Baca Juga: Fosil T-Rex Paling Lengkap Ditemukan Sedangkan Duel dengan Triceratops

Temuan ini menunjuk pada tulang lengan T-rex yang kuat. Menurut Stanley, sendi yang nggak natural di lengan T-rex memungkinkan kaki depan untuk bekerja ke segala arah, konseptual untuk menebas.

“Lengannya yang pendek dan kuat, serta cakar dengan besar, akan memungkinkan T-rex untuk menciderai mangsanya di beberapa detik dan bisa berulang kali, ” katanya dalam pertemuan Geological Society of America dikutip sejak National Geographic, Sabtu (28/8/2021).

Baca Pula: Pecahkan Rekor! Kerangka T-Rex Dilelang Ratusan Miliar Rupiah

Namun hipotesa Steven tersebut mendapatkan kecil sanggahan dari Thomas Holtz, pakar tyrannosaurus dari Universitas Maryland. Ia berpendapat bahwa kalau pun hipotesis Stanley benar, itu terjadi kala T-rex masih muda. Holtz mengungkapkan jika saat masa dada T-rex melebar. Buat mengerahkan lengannya, dia harus mendorong dada ke ajaran mangsanya.

“Dengan posisinya yang seperti tersebut T-rex akan kesulitan buat menggunakan rahangnya yang benar kuat, ” tambah Holtz.

Itulah mengapa, menurut Holtz, lengan T-rex lebih fungsional ketika bujang karena pada fase tersebut, lengan T-rex justru lebih panjang. Fungsi itu redup ketika ia bertambah dewasa. Akan tetapi Holtz mengesahkan bahwa kemungkinan lengan T-Rex yang lebih kecil sebab tubuhnya itu digunakan buat fungsi memangsa.