Laptop Dinyalakan Sepanjang Hari, Amankah?

PERANGKAT laptop saat itu sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam bekerja. Banyak order bisa dilakukan melalui komputer bawa tersebut. Mulai pengetikan tulisan tenggat proses menghitung angka-angka.

Lalu kini dalam situasi pandemi virus corona (covid-19) penerapan laptop makin sering. Pasalnya, segala aktivitas wajib dilakukan dari sendi saja. Maka itu, terkadang laptop dinyalakan secara terus-menerus atau bahkan sepanjang hari.

Membaca juga: Cara Efektif Merawat Keyboard Laptop, Nomor 4 Paling Penting 

Apakah hal tersebut aman untuk laptop? Beserta penjelasannya, sebagaimana dikutip dari Askleo .

Ketika Anda terus terhubung secara laptop seharian, pastinya akan tetap melakukan pengisian dayanya agar bisa terus menyala. Salah satu bagian paling riskan saat mengisi gaya saat digunakan adalah baterai.

Laptop desain grafis. (Foto: Nikita Kachanovsky/Unsplash)

Era pakai baterai laptop kemungkinan mau menjadi lebih singkat. Bahkan parahnya lagi baterai laptop akan lebur. Sehingga, Anda harus terus terhubung dengan pengisian daya. Hal tersebut pastinya akan memengaruhi kinerja laptop. Laptop juga akan cepat radang dan lemot.

Baca juga: Terungkap Paten Laptop Masa Depan Gunakan Trackpad Virtual 

Tipsnya, aktifkan laptop ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Saat daya baterai laptop telah hampir habis, matikan dan kandungan hingga penuh.

Istirahatkan laptop Anda dari pekerjaan berat agar tetap awet. Ketika mengabulkan pengisian daya jangan langsung menyalakannya.

Selamat mencoba.

(han)