LAPAN Ungkap Asteroid Dekati Bumi Kurang Hari Lagi

LAPAN Ungkap Asteroid Dekati Bumi Kurang Hari Lagi

JAKARTA semrawut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan bahwa asteroid 2016 HP6 akan mendekati Bumi di pertengahan Ramadhan tepatnya pukul 04. 48 WIB pada 8 Mei 2020. Data tersebut diperoleh dari Center of Near Earth Object Studies (CNEOS) NASA. Benda udara tersebut akan berada pada langkah 1, 66 juta kilometer sebab Bumi.

Pengkaji dari Pusat Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang mengungkapkan asteroid memiliki kecepatan relatif 5, 72 kilometer per detik ketika bergerak mengarah Bumi.

“Asteroid 2016 HP6 dikategorikan sebagai asteroid Apollo, ” kata Anda dalam postingan Instagram LAPAN.

Untuk diketahui, asteroid Apollo merupakan asteroid yang memiliki sumbu setengah panjang lebih besar dibandingkan dengan orbit Bumi. Akan tetapi jarak perihelionnya lebih kecil dibandingkan aphelion Bumi. Perhelion merupakan titik jalur benda langit baik planet maupun komet yang paling dekat sebab Matahari. Sementara aphelion merupakan bintik terjauh orbit suatu benda udara dari Matahari.

Andi menambahkan bahwa kurang asteroid Apollo dapat menjadi kerawanan bagi Bumi ketika berada pada jarak yang sangat dekat dengan Bumi. Salah satu contoh yaitu meteor Chelyabinsk yang memasuki suasana Bumi dan meledak di udara kota Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari 2013 silam dengan ukuran 17 meter.

Asteroid 2016 HP6 diperkirakan memiliki ukuran antara 23 hingga 52 meter. Sementara itu, jarak perpotongan orbitnya minimum sebesar 0, 0053817 SA atau 805 ribu kilometer terhadap orbit Bumi. Jarak itu lebih kecil dar 7, 5 juta kilometer, tetapi magnitudo absolutnya lebih besar daripada +22. Andi menegaskan dengan kriteria tersebut asteroid dikategorikan tidak berpotensi berbahaya untuk Bumi.

(amr)

Loading…