LAPAN Bagikan Hasil Pengamatan Suangi Langit Gelap, Ada Jupiter hingga Galaksi Bima Makbul

lapan-bagikan-hasil-pengamatan-malam-langit-gelap-ada-jupiter-hingga-galaksi-bima-sakti-1

Kaum waktu lalu Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merayakan Hari Keantariksaan Nasional ke 8 dengan meminta masyarakat untuk mematikan lampu sejenak selama satu tanda.

Koordinator Humas LAPAN, Jasyanto, mengatakan situasi ini bertujuan untuk menekan polusi cahaya dan bisa menikmati bintang secara tepat.

“Agar kita menekan polusi cahaya dan mampu menikmati lihat bintang secara langsung, ” ujarnya saat dihubungi melalui pesan sedikit.

 

Rupanya era mematikan lampu ini berhasil dilakukan pengamatan malam langit gelap oleh LAPAN.

Hasilnya, beragam tulisan cantik dari beragam substansi langit seperti planet lulus diabadikan. Melalui akun Instagram-nya, LAPAN membagikan hasil menjepret pengamatan saat Hari Keantariksaan Nasional ke 8.

Terlihat ada Nebula Trifid, Saturnus, Nebula Lagoon, Jupiter, Globular Cluster Messier 2 dan Galaxy Bima Sakti yang berhasil terbidik saat pengamatan.

Sekedar informasi, Hari Keantariksaan Nasional yang diperingati tiap 6 Agustus ini didasari karena disahkannya Undang-undang Keantariksaan pada 2013 silam.

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 itu menjadi payung hukum bagi kegiatan keantariksaan di Indonesia.

Dengan adanya Undang-Undang Keantariksaan, seluruh kegiatan pengembangan sains dan teknologi antariksa di Indonesia memiliki pondasi yang kuat.

D peringatan yang ke delapan ini diharapkan akan masyarakat akan mengetahui bahwa Indonesia telah memiliki UU Keantariksaan dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kehadiran malam langit gelap.

(DRM)