Komet Atlas Melintas Dekat Bumi pada 23 Mei

Komet Atlas Melintas Dekat Bumi pada 23 Mei

JAKARTA porakporanda Komet C/2014 Y4 yang dikenal Atlas akan melewati Bumi di 23 Mei 2020. Komet itu melintas dekat Bumi dalam langkah 115 kilometer. Kemudian akan menentang Matahari pada 31 Mei 2020. Komet tersebut ditemukan pertama kala pada 29 Desember 2019 sebab Asteroid Terrestrial-impact Last Alert Systems (ATLAS). Itu juga yang melaksanakan komet dijuluki Atlas.

Dilansir dari laman Astronomy Now, Kamis (30/4/2020) teleskop luar angkasa belum lama ini berhasil menangkap gambar yang menakjubkan dari komet Atlas. Awalnya komet tersebut memiliki ukuran diamter 180 meter (600 kaki). Kemudian komet pecah berkeping-keping hingga 30 keping, masing-masing seukuran panti.

“Penampilan mereka berubah secara kasatmata antara dua hari, sangat banyak sehingga cukup sulit untuk melekatkan titik-titik, ” kata Profesor menuntut planet dan astronomi di University of California Los Angeles, David Jewitt.

Tagkapan gambar Hubble dapat membantu menyelesaikan rahasia dan menjelaskan apakah komet tersebut berputar sendiri karena jet-jet dengan berasal dari sublimasi es.

(amr)

Loading…


Baca Info Lainnya di Data HK