Kemendikbud Gandeng Netflix, Konten Harus Patuhi UU Penyiaran

Kemendikbud Gandeng Netflix, Konten Harus Patuhi UU Penyiaran

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kultur (Kemendikbud) menggandeng Netflix untuk menayangkan konten di TVRI. Konten tersebut ditayangkan bersamaan dengan dimulainya tahun ajaran baru siswa sekolah.

Kemendikbud akan menayangkan rencana dokumenter Netflix di TVRI yang dimulai pada 20 Juni. Menanggapi hal itu, Danrivanto Budhijanto, spesialis legislasi teknologi informasi dari Universitas Padjadjaran mengatakan bahwa Netflix mempunyai kebijakan konten yang berbeda secara penyelenggara siaran nasional.

“Netflix sebagai aplikasi film/video streaming berlangganan asing tentunya memiliki kecendekiaan konten yang berbeda dengan penyelenggara siaran nasional, sehingga perlu disikapi dengan melakukan penyesuaian terhadap undang-undang penyiaran terutamanya definisi dari apa yang dimaksud dengan “penyiaran dengan melalui aplikasi dan platform teknologi internet, ” kata Danrivanto.

Program ini dianggap jadi bagian dari program belajar lantaran rumah untuk pertama kali dengan ditayangkan di televisi, yakni TVRI.

Program bersifat virtual ini tentunya sesuai dengan petunjuk Presiden Joko Widodo, yang mengirimkan pentingnya adaptasi kebiasaan baru (New Normal) agar masyarakat tetap berguna dan aman dari penularan Covid-19, khususnya bagi siswa dan pengikut didik.

(ahl)

Loading…