Jatuh ke Bumi, Roket Long March 5 B Sempat Tak Terkendali di Asing Angkasa

jatuh-ke-bumi-roket-long-march-5-b-sempat-tak-terkendali-di-luar-angkasa-1

BEIJING kacau Peluru Long March 5 B hak China jatuh kembali ke Bumi. Roket yang diluncurkan untuk mengirimkan modul pokok stasiun luar angkasa milik China itu sempat dibiarkan meluncur tak terkendali pada luar angkasa.

Hal itu terjadi sesudah roket tersebut mengalami kehabisan bahan bakar sehingga melorot tak terkendali ke Dunia.

CNN mengadukan puing roket Long March 5 B itu telah jatuh ke Bumi. Reruntuk dari roket dengan dimensi tinggi 30 meter dan berat 22 ton tersebut jatuh di Samudra Hindia, tepatnya di sebelar barat Maladewa pada Sabtu (9/5/2021).

Sebagian mulia roket milik China itu hancur karena terbakar amblas saat kembali masuk ke atmosfer. Hingga kini belum diketahui pasti apakah reruntuk itu mendarat di padang Maladewa.

Sebelumnya, roket peluncur China dengan saat ini sedang mengorbit di Bumi jatuh memasuki atmosfer tanpa terkendali. Para ilmuwan belum mengetahui dalam mana roket tersebut akan mendarat.

Baca Juga: Puing Roket China Telah Jatuh ke Bumi, Diduga di Samudra Hindia Depan Maladewa

Roket itu diluncurkan dengan membawa modul untuk stasiun luar angkasa hangat China ke orbit dalam akhir April. Saat anjlok kembali ke Bumi, Long March 5 B hidup dengan kecepatan sekitar 27. 600 km/jam dalam.

(amr)