Instagram Hadirkan Fitur Baru ‘Reels’, Bikin Video 15 Detik

Instagram Hadirkan Fitur Baru 'Reels', Bikin Video 15 Detik

JAKARTA – Melalu unggahan dengan dibagikan pada Rabu (5/8/2020), Instagram memperkenalkan fitur baru, Reels. Meniti laman “About”, fitur ini diperkenalkan sebagai “Instagram Reels” dan memungkinkan pengguna untuk membuat klip gambar berdurasi 15 detik.

Pengguna juga dapat menambahkan audio, efek video, maupun pelengkap lainnya. Untuk menggunakan Reels, pemakai cukup mengakses kamera Instagram dengan terletak pada pojok kiri akan tampilan layar.

Di dalam kamera, Anda akan menemukan kalau kini tersedia tiga fitur meliputi “Live”, “Story”, dan “Reels”. Lulus geser pada opsi Reels, selebihnya secara otomatis efek dan opsi lain akan muncul pada tampilan layar.

Buntut dan opsi kreasi yang dihadirkan Reels ini meliputi audio, AR effects, timer dan countdown, slign, serta speed.

 
Baca juga:   Memori Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Selain membuat video dengan menyenangkan, kreasi buatan pengguna itu dapat disebarkan melalui opsi share yang berbeda. Pengguna dapat menuruti untuk membagikannya secara publik maupun private, serupa dengan unggahan dalam Instagram Story maupun Feeds.

Sistem ini nantinya akan bergantung pada pengaturan privasi akun pengguna. Jika akun memakai mode “Public”, maka kreasi Reels baik video maupun audio dengan dibuat dapat tersebar pada laman explore – terlebih jika pemakai menggunakan hashtags, audio, atau hasil tertentu.

Adapun mengutip Tech Cruch, Reels bukanlah kreasi pertama yang dihadirkan Facebook selaku perusahaan di balik Instagram. Perusahaan itu juga sebelumnya telah pernah meluncurkan Lasso pada 2018 melalui Facebook App Store. Sayangnya, aplikasi itu tidak berhasil dipasarkan secara publik dan terpaksa kudu ditutup pada tahun ini.

Meski begitu, sedang satu tahun setelahnya, Facebook balik hadirkan aplikasi serupa – dengan tentunya melalui penyesuaian data pemakai Lasso – bernama “Cenas”. Penggunaan itu hadir pada November 2019 dan hanya tersedia untuk wilayah Brasil untuk uji coba.

Setelah melakukan uji coba itu pada akhirnya Cenas kini hadir secara publik secara nama “Reels”.

Untuk saat ini, Reels rencananya akan dirilis di 50 negara yang menjadi pasar internasional sempurna seperti India, Brasil, Prancis, Jerman, Inggris, Jepang, Australia, Spanyol, Meksiko, Argentina, dan beberapa negara lainnya.

(ahl)

Loading…