Ini Respons Elon Musk Setelah Tidak Bisa Hadiri Peluncuran Crew-1

Ini Respons Elon Musk Setelah Tidak Bisa Hadiri Peluncuran Crew-1

KEPALA SpaceX Elon Musk tidak bisa hadir di letak peluncuran bersejarah Crew Dragon karena mengaku sedang menderita virus corona (covid-19). Peluncuran Misi Crew-1 sendiri dilakukan pada Minggu 15 November 2020, pukul 19. 27 periode Amerika Serikat, dari Kennedy Space Center di Florida.

Dikutip dari Fox News , Selasa (17/11/2020), Elon Musk mengungkapkan pada suangi peluncuran bahwa dirinya “kemungkinan besar” terjangkit virus corona sedang, sekalipun hasil tes yang diterimanya beragam.

Baca juga: Elon Musk 4 Kali Tes Covid-19 dalam Sehari, Hasilnya 2 Minus dan 2 Positif 

Ia digantikan dalam suruhan resminya di Kennedy Space Center oleh Presiden SpaceX Gwynne Shotwell. Dia bergabung dengan Administrator NASA Jim Bridenstine untuk memberikan perkataan dan foto pada saat-saat final dengan para astronaut sebelum diluncurkan.

Peluncuran Roket Falcon 9 yang membawa empat astronaut Misi Crew-1 ke ISS. (Foto: Joel Kowsky/NASA/The Verge)

Elon Musk pun mengunggah tweet gambar hati tidak lama sesudah peluncuran. Pesawat ruang angkasa Crew Dragon lepas landas dari Launch Complex 39A pada pukul 07. 27 malam ET hari Minggu waktu Amerika Serikat.

Keempat astronaut Misi Crew-1 hendak menjalankan tugas selama enam kamar di International Space Station (ISS). Ini juga menjadi penerbangan baru rotasi awak di pesawat bagian angkasa komersial AS.

Baca juga: Elon Musk Ngaku Positif Corona, Bagaimana Peluncuran Astronaut Crew-1?  

Misi Crew-1 membawa astronot NASA Mike Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker; serta angkasawan Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) Soichi Noguchi ke Stasiun Sungguh Angkasa Internasional dengan pesawat Crew Dragon.

Ini mengikuti Misi Demo-2 yang sukses dilakukan SpaceX pada awal tahun awut-awutan.

(han)