Ini Alasan YouTube Hapus Channel David Icke

Ini Alasan YouTube Hapus Channel David Icke

JAKARTA – YouTube baru-baru ini menghapus akun teori konspirasi David Icke. Akun channel ini dinilai melanggar kebijakan perusahaan terkait penyebaran informasi virus corona.

Dikutip Theguardian , mantan pemain sepakbola itu melahirkan pertengkaran melalui klaim yang tidak benar tentang virus di beberapa platform internet, termasuk yang dikaitkan secara jaringan seluler 5G.

Layanan video, yang dimiliki sebab Google, mengatakan kepada BBC, “YouTube memiliki kebijakan yang jelas melarang konten apa pun yang menyangkal keberadaan dan transmisi Covid-19 bagaikan yang dijelaskan oleh WHO & NHS”.

“Karena pelanggaran terus-menerus terhadap kebijakan itu, kami telah menghentikan saluran YouTube David Icke, ” tambahnya.

Larangan itu mengikuti langkah serupa oleh Facebook, yang menghapus halaman Icke di dalam Jumat.

Di 6 April 2020 diberitakan, YouTube memantau konten konspirasi palsu terpaut 5G dan Covid-19. Platform berbagi video itu akan mengurangi total video yang direkomendasikan kepada pemakai yang menyebarkan informasi palsu soal 5G dan corona, bahkan mereka tak segan akan menghapus video yang melanggar kebijakan

Perusahaan yang masih mulia payung dengan Google ini sedang mengizinkan konten bertema konspirasi tentang 5G lainnya yang tidak menyuarakan virus corona tetapi sebagai “konten terbatas”.

Setidaknya tujuh menara seluler telah dibakar dalam satu pekan di Inggris. Aksi tersebut setelah teori persekutuan yang beredar luas secara online tidak akurat mengklaim hubungan jarang menara tersebut dengan pandemi Covid-19.

(ahl)

Loading…