Ingin Baterai Ponsel Tahan Lama? Ini Tipsnya.

ingin-baterai-ponsel-tahan-lama-ini-tipsnya-1

JAKARTA semrawut Ketergantungan terhadap smartphone saat ini semakin tinggi. Terlebih di zaman pandemi Covid-19 yang membuat banyak aksi harus ditunjang dengan penggunaaan smartphone.

Karena alasan itu, kebanyakan karakter mencari smartphone dengan aki berkapasitas besar agar langgeng. Apalagi adanya teknologi fast charging atau pengisian daya cepat membuat penggunanya semakin lekat dengan gawainya. Karena tidak adanya baterai yang dapat diganti berarti dalam akhirnya sel lithium-ion dengan ada di ponsel lama kelamaan akan menua serta memburuk.

Kapasitas baterai juga pasti meluncur seiring dengan bertambahnya leler pemakaian ponsel. Namun tak perlu khawatir, ada kira-kira hal yang dapat Kamu lakukan untuk memperpanjang umur baterai ponsel.

Dalam keterangan tertulis, Oppo membagikan beberapa kiat yang terbukti secara ilmiah buat memaksimalkan masa pakai aki ponsel. Salah satu mitos baterai yang sangat berpengaruh adalah perlu sekali-sekali mengosongkan dan mengisi ulang untuk menghapus “memori baterai”. Hal ini sebenarnya salah biasa jika diterapkan pada aki berjenis lithium-ion.

(Baca juga: Bersiaplah, Samsung Galaxy S20 FE 5G Mulai Dipasarkan)

Pengisian gaya sebagian saat kapasitas aki lithium-ion tinggal sepertiga faktual memiliki beberapa manfaat meyakinkan untuk umur panjang organ. Saat hampir kosong, aki Li-ion menarik arus pasti dan beroperasi pada tegangan yang lebih rendah. Tegangan ini berangsur-angsur meningkat saat sel mengisi, mendatar sekitar 70 persen muatan sebelum arus mulai turun tenggat kapasitas penuh.

Berdasarkan riset Battery University, mengisi daya ponsel di dalam kisaran 30 hingga 80 persen itu membuat voltase lebih rendah dan memperpanjang masa pakai baterai.

Isi ulang daya meski hanya sedikit tapi teratur jauh lebih bagus untuk baterai Li-ion daripada siklus pengisian penuh yang lama. Apalagi kini rata-rata smartphone modern memiliki teknologi baterai yang hemat gaya.

(Baca juga: Bebas Bereksplorasi, Sony Rilis Kamera Full Frame Mirrorlesss Alpha 1)

Misalnya pada Oppo Reno5 yang mempunyai baterai berkapasitas 4310mAh seandainya di-charge selama 5 menit maka mampu untuk memutar video selama 3 jam. Sementara untuk mengisi gaya penuh 100 persen, hanya perlu menchargernya selama 48 menit, sebagaimana diukur di tes yang dilakukan oleh Oppo.