Google Berencana Bikin Ponsel Lipat, Kapan Meluncur?

Google Berencana Bikin Ponsel Lipat, Kapan Meluncur?

JAKARTA – Ponsel dikembangkan oleh para produsen dan mengusung fitur-fitur terkini. Dalam masa depan, ada kemungkinan ponsel lipat akan semakin menjamur.

Seperti diketahui, kurang produsen ponsel menciptakan ponsel lipat besutan mereka sendiri, seperti Samsung serta Huawei. Google tampaknya tidak ingin ketinggalan untuk mengembangkan ponsel dengan fitur layar lipat.

Google berencana menghadirkan hp lipat pada tahun depan. Dilansir The Verge , informasi ini bersumber dari sertifikat internal Google yang bocor. Salinan tersebut ditinjau oleh 9to5Google, serta tercantum beberapa produk, di mana salah satunya memiliki kode “passport”.

“Passport” diasumsikan sebagai ponsel lipat milik Google yang akan dirilis tahun aliran, mengingat produk itu memiliki label “Q4 2021”. Adapun pada 2019, CNET mengabarkan bahwa Google sudah mengerjakan eksperimen prototipe untuk hp yang dapat dilipat.

Baca juga: Cerita Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Sehingga tampak isyarat “passport” yang dimaksud memang dengan eksplisit menggambarkan proyek tersebut. Maka kini belum dapat dipastikan apakah ponsel tersebut akan benar-benar tampil di tahun depan.

Mengingat Pixel 4A tarikh ini datang terlambat dan sebelumnya pemimpin pengembang ponsel Pixel Mario Queiroz tidak memberikan kepastian.

“Kami benar-benar menyelenggarakan prototipe teknologi. Kami sudah melakukannya sejak lama. Saya rasa belum ada kasus penggunaan yang sahih, ” ucap Mario Queiroz dalam sebuah wawancara dikutip CNET.

Selain ponsel lipat, pada dokumen tersebut juga tercantum beberapa informasi dari ponsel lain yang direncanakan untuk dirilis dalam tahun ini dan tahun pendahuluan. Pada label “Q4 2021”, terdapat dua ponsel lain yang diberi kode “raven” dan “oriole”. Ke-2 produk ini diduga akan menjelma seri Pixel 6 yang muncul tahun depan.

Sementara itu informasi perilisan Pixel 4A (5G) dan Pixel 5 juga tercantum dalam dokumen. Keduanya dijadwalkan akan hadir pada Oktober, sejalan dengan pengumuman Google dalam perilisan seri Pixel 4A kaum hari lalu.

Meski dokumen ini membocorkan secara eksplisit dan implisit terkait rancangan perilisan ponsel Google di zaman depan. Pada dasarnya dokumen tersebut bertujuan untuk memetakan rencana pengembangan Android, sehingga tidak dapat dipastikan apakah semua ponsel akan dirilis pada waktu yang direncanakan.

(ahl)

Loading…