Frances Allen, Wanita Pertama Penerima Nobel Dunia Komputasi Tutup Usia

Frances Allen, Wanita Pertama Penerima Nobel Dunia Komputasi Tutup Usia

DUNIA kembali kehilangan salah satu tokoh istimewa. Frances “Fran” Allen, ilmuwan jinjing sekaligus wanita pertama yang memperoleh AM Turing Award pada tahun 2006, sebuah penghargaan Nobel untuk dunia komputasi.

Fran tutup usia tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-88, di Schenectady, New York. Mengambil Boston Globe, Ryan McKee sebagai keponakan Fran mengonfirmasi bahwa sang ilmuwan meninggal dunia akibat keruwetan penyakit Alzheimer yang ia kelam.

Tidak hanya dikenal sebagai penemang AM Turning Award, semasa hidupnya Fran dikenal dengan kemampuan mengolah program untuk unit lunak komputer, dan sistem komputasi berkinerja tinggi. Hal ini memungkinkan perangkat keras memahami sistem unit lunak, dan suatu kode kasar dapat diubah menjadi file di waktu singkat.

Frances Allen

“Kontribusinya telah menjangkau sebagian besar sejarah ilmu jinjing dan memungkinkan teknik komputasi dengan kami andalkan saat ini pada bisnis dan teknologi, ” cakap Ruzena Bajcsy, Ketua Association for Computing Machinery’s AM Turing Award Committee 2006, dikutip Boston Globe.

Fran sebelumnya hanyalah seorang guru matematika untuk Sekolah Menengah Atas di Negara peru, New York. Namun kecintaan serta kepiawaiannya dalam dunia pemrograman, menyusun IBM Research tertarik untuk memperkerjakannya.

Loading…