Facebook-Instagram Izinkan Pembuat Video dan Tulisan Ajukan Hak Cipta

Facebook-Instagram Izinkan Pembuat Video dan Tulisan Ajukan Hak Cipta

PIHAK Facebook dan Instagram belum lama ini mengatakan bahwa itu akan mengizinkan semua admin kaca di seluruh dunia untuk mengajukan perlindungan hak cipta gambar serta video. Hal ini diprediksi bakal menyebabkan lebih banyak penghapusan memotret serta video di platform Facebook dan Instagram.

Baca juga: Akun dan Konten Media Sosial Bisa Langsung Take Down, Ini Kata Pengamat 

Para pelaksana video dan foto dapat melahirkan permintaan penghapusan yang sudah itu unggah di Facebook dan Instagram. Pembuat asli konten dapat men uang jika kontennya yang diunggah ulang tersebut mendapat aliran propaganda.

Ilustrasi Instagram. (Foto: Freepik)

Dikutip dari The Verge , Kamis (19/11/2020), Facebook pada September lalu hanya memberi dukungan klaim gambar berhak membentuk. Siapa pun dapat mengklaim hak atas gambar tersebut. Sengketa diantara calon pemegang hak biasanya bersandar pada siapa yang mengajukan permintaan terlebih dahulu.

Saat ini setiap orang dapat melacak dan melindungi gambar mereka sendiri di Facebook. Ini menjadi suatu perubahan yang besar bagi maklumat tersebut. Hal ini juga sah pada Instagram yang dikenal sulit untuk penghapusan gambar.

Baca juga: Fitur Pesan Sementara Hadir di Instagram & Facebook Messenger 

Akun tertentu seringkali membagikan kembali gambar yang tidak mereka miliki yang biasanya hanya memberikan tag pada akun tempat gambar itu berasal. Dengan adanya kemudahan segar ini, kemungkinan penghapusan akan lebih sering terjadi sehingga pembagian ulang berkurang.

(han)