Facebook Diperiksa Gara-Gara Kacamata Bakir

facebook-diperiksa-gara-gara-kacamata-pintar-1

LEMBAGA kepala perlindungan data di Italia meminta Facebook memberikan penjelasan terkait kacamata pintar yang baru saja diluncurkan. Penyeliaan dilakukan untuk melihat apakah produk tersebut mematuhi regulasi privasi di sana.

Seperti dilaporkan Reuters , Minggu (12/9/2021), Garante yang ialah otoritas data pribadi pada Italia menghubungi Komisi Perlindungan Data Irlandia untuk meminta klarifikasi Facebook. Facebook memiliki kantor di Irlandia jadi berada di bawah penjagaan negara tersebut.

Baca juga: Facebook Terbit Kacamata Pintar, Bisa Ambil Foto dan Video 

Garante ingin mengetahui langkah apa yang dipakai Facebook buat melindungi orang-orang yang terekam, terutama anak-anak. Mereka pula ingin mengetahui sistem apa yang dipakai untuk mengumpulkan data secara anonim & fitur asisten virtual yang tersambung ke kacamata itu.

Seperti dikutip dibanding Antara , Facebook baru saja meluncurkan kacamata pintar yang mampu digunakan untuk memutar irama, menjawab panggilan telepon, menjemput gambar atau video singkat kemudian membagikannya lewat jalan sosial milik Facebook. Kacamata pintar ini dibuat bersama EssilorLuxottica, pembuat produk Ray-Ban.

Mengucapkan juga: Facebook Rancang Chip Berbasis Pembelajaran Mesin 

Peserta Facebook, berdasarkan keterangan resminya, menyatakan akan menjawab perkara Garante yang dilayangkan melalui Komisi Perlindungan Data Irlandia.

“Kami terang orang-orang punya pertanyaan tentang teknologi terbaru, jadi pra meluncurkan Ray-Ban Stories, ana berkomunikasi dengan Komisi Pelestarian Data Irlandia untuk memperlihatkan bagaimana kami membangun privasi ke dalam produk dan fungsi kacamata agar mampu memberi rasa tenang kepada pengguna dan orang-orang di sekelilingnya, ” jelas pihak Facebook.

(han)