Bulan Terbesar Jupiter, Ganymede Punya Luka Benturan Terbesar di Tata Surya

Bulan Terbesar Jupiter, Ganymede Punya Luka Benturan Terbesar di Tata Surya

SETIAP planet di tata surya kita memiliki satelit. Seperti Bumi yang memiliki satelit, bulan, planet lain pun memiliki satelit meskipun tersedia beberapa planet yang memiliki bertambah dari satu satelit.

Seperti Jupiter, yang memiliki empat satelit dengan nama Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. Layaknya bulan, satelit-satelit di Jupiter juga kerap berbenturan dengan objek langka atau yang kita kenal dengan meteor, sehingga meninggalkan bekas luka tabrakan.

Nah, sarjana di NASA pun melihat kalau Ganymede memiliki kawah tabrakan terbesar di seluruh tata surya, secara bekas luka hingga menutupi sebagian besar bulan tersebut.

Secara khusus, mereka terseret dengan serangkaian fitur yang disebut alur, yang muncul di kurang medan tertua di satelit tersebut. Sebelumnya, peneliti telah menujukan jalan tersebut sebagai bukti tabrakan tinggi yang cukup kuat hingga melupakan bekas luka di seluruh sisi Ganymede.

Tetapi setelah meninjau kembali strukturnya, para ilmuwan percaya bahwa estimasi itu terlalu rendah, untuk membuat dampak yang begitu besar jadi mempengaruhi seluruh satelit.

Melansir dibanding Space, Para peneliti memulai secara mengumpulkan data yang dikumpulkan sebab misi kembar Voyager NASA, yang masing-masing terbang melewati sistem Jupiter pada 1979, dan dengan urusan Galileo NASA, yang menghabiskan delapan tahun selama akhir 1990-an & awal 2000-an mempelajari planet besar dan tetangganya.

Kemudian para ilmuwan menganalisis kembali mencakup Medan Gelap, dan pada seluruh Dark Terrain, menurut pemodelan baru, semua alur keluar dari satu titik, bahkan di sisi berlawanan dari bulan. Para peneliti juga menyarankan membuat tanda terusan air, tidak hanya satu belahan sekadar.

Pernyataan daripada penelitian baru mengatakan, jika yang menjadi penyebabnya adalah tabrakan, asteroid yang cukup besar, setidaknya berdiameter 30 mil (50 kilometer) & mungkin lebarnya lebih dari 90 mil (150 km).

Loading…