Berantas Spam, Twitter Akan Labeli Akun Bot Secara Otomatis

berantas-spam-twitter-akan-labeli-akun-bot-secara-otomatis-1

SEIRING berkembangnya teknologi, banyak layanan pada internet maupun dunia nyata yang mengalami otomatisasi oleh robot  atau Bot, lengah satunya akun Twitter. Untuk menghindari kesalahpahaman yang berlaku antara pengguna manusia serta akun bot, Twitter kendati berencana untuk identifikasi akun-akun bot dengan label istimewa di profil mereka.

Langkah ini direncanakan Twitter sebagai bagian daripada perombakan layanan yang akhirnya ini tengah mereka jalankan satu-persatu, seperti muncul-dan-hilangnya fitur Fleets dan juga pemindahan tampilan yang terjadi dalam Twitter for iOS. Saat ini, perombakan layanan yang bakal mereka lakukan adalah meluluskan tanda identifikasi atau etiket pada akun yang dioperasikan oleh bot.

Dilansir sejak Mashable , Sabtu (11/9/2021), Twitter telah mengumumkan bahwa mereka mau mengadakan uji coba sifat terbaru mereka yaitu label yang akan menandai akun mana saja yang diotomatisasi oleh pemiliknya. Label ini nantinya akan muncul di profil akun yang terkait dan akan berisi kaum informasi seperti nama pemilik akun, nama bot, & lain sebagainya.

“Mana bot mana bukan? Kami akan permudah identifikasi bot yang baik serta twit otomatis mereka dengan label baru, ” tulis Twitter melalui akun itu.

“Mulai hari ini, kami menguji coba label-label baru kami buat memberikan konteks lebih menimpa akun-akun yang kalian serupa interaksi. ”

Baca Juga: Twitter Uji Coba Fitur Menyingkirkan Follower Tanpa Perlu Memblokirnya

Menurut Twitter, sifat ini diciptakan untuk menyeleksi bot yang baik dengan bot yang memiliki tendensi untuk mengirim spam di linimasa. Selain itu, Twitter juga berusaha menekankan kejernihan di layanan mereka dengan menampilkan nama bot & nama pemilik bot pada akun-akun terkait sebagai bagian yang bisa dimintai pertanggungjawaban ketika akun bot mereka berulah.

“Contoh akun otomatis yang kini sering dijumpai adalah akun pemberi informasi vaksin & juga akun tanda musibah. Dengan tersematnya label pada profil mereka, pengguna mau lebih mudah mencari sumber data yang terpercaya ketika berinteraksi, ” tulis Twitter.

Untuk saat ini, Twitter baru memasangkan label-label ini ke beberapa akun bot besar dan sah, seperti milik media atau pemerintah. Namun, di kemudian hari, Twitter akan menyediakan pilihan bagi para pemilik akun bot yang ingin memasang label sendiri dalam akun-akun mereka.

(hel)