Berangkat Pekan Depan Zoom Tambahkan Fitur Keamanan Enkripsi End-to-End

Berangkat Pekan Depan Zoom Tambahkan Fitur Keamanan Enkripsi End-to-End

ZOOM mengumumkan akan memberikan end-to-end encryption (E2EE) kepada penggunanya mulai 19 Oktober atau pekan depan. Fitur keamanan baru itu akan berkedudukan “technical preview” dalam 30 keadaan pertama, dan para pengguna Zoom dipersilakan memberikan respons selama kurun itu.

Dikutip dari Phone Medan , Jumat (16/10/2020), fitur ketenteraman baru ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan saat pengguna mengadakan pertemuan di Zoom dengan memberikan pengunci buat pertemuan secara langsung di pesawat pengguna dan bukan pada peladen Zoom.

Baca pula: Ingin Hemat Kuota Data saat Meeting Zoom? Perhatikan 6 Situasi Ini 

Kunci-kunci itu akan dienkripsi saat diteruskan melalui server perusahaan, jadi pegawai Zoom tidak dapat melihatnya. Ini adalah lapisan keamanan tambahan untuk pengguna untuk diaktifkan kapan biar mereka menganggapnya perlu. Lalu buat memberi tahu pengguna jika rapat mereka berhasil menggunakan E2EE, logo perisai hijau akan muncul dalam sudut kiri atas layar seluruh orang.

Zoom (Foto: Klgadgetguy)

Lebih dari sebulan cerai-berai Zoom mengambil langkah lain buat meningkatkan keamanan umumnya dengan menghadirkan Two-Factor Authentication (2FA) untuk akun penggunanya. Fitur ini bertujuan menyembunyikan akun individu agar tidak diakses oleh peretas.

Baca juga: Tips Ubah Background di Aplikasi Zoom 

Dengan keberhasilan dalam pertumbuhan pengguna, ternyata Zoom juga dinilai buruk terkait sistem keamanan akun. Oleh karena itu, Zoom tidak tinggal diam dan melakukan pembaruan dalam menambahkan fitur keamanan dengan canggih agar akun pengguna tak mudah diretas.

(han)