Astronom Temukan Planet Luar Tata Surya Berusia 18 Juta Tahun

Astronom Temukan Planet Luar Tata Surya Berusia 18 Juta Tahun

SEBUAH gambar yang memperlihatkan exoplanet (planet asing tata surya) ditemukan oleh para astronom. Diperkirakan planet ini terbentuk sejak 18 juta tahun berantakan.

Laporan Astronomy and Astrophysics dalam dua makalahnya menyebutkan planet tersebut dikonfirmasi mengorbit Bintang Beta Pictoris dan dijuluki Beta Pictoris c. Jaraknya sekira 63 tahun cahaya dari Dunia.

Baca juga: Peneliti Gunakan Teknologi AI untuk Temukan Planet Asing 

Menurut tim peneliti, Beta Pictoris c terbentuk akbiat ketidakseimbangan dan guncangan panas di cakram yang mengelilingi bintang.

Mencari eksoplanet bukanlah hal mudah. Para astronom biasanya memiliki beberapa metode yang berbeda untuk membuktikan tepat keberadaan mereka. Ini pertama kalinya astronom mengungkap keberadaan eksoplanet dengan metode pencitraan langsung.

Baca juga: Ditemukan Eksoplanet Muda dengan Massa Lebih Mengandung dari Bumi 

Melalui gambar itu dapat dilihat setitik cahaya. Namun hal itu belum cukup, masih perlu ada teknologi yang lebih canggih untuk menghilangkan cahaya tersebut agar mampu melacak planet. Pengamatan seperti ini hanya dapat dilakukan dengan gawai Gravity pada Very Large Telescope.

“Dengan begitu awak bisa melihat kecerahaan (luminositas) & massa dari planet ini. Sebab biasanya makin masif planet bakal makin bercahaya, ” kata setia utama Mathias Nowak dari Institut Astronomi, sebagaimana dikutip dari IFL Science , Sabtu (10/10/2020).