Arkeolog Temukan Mumi Hewan Llama Berusia 500 Tahun

Arkeolog Temukan Mumi Hewan Llama Berusia 500 Tahun

PARA arkeolog menemukan mumi hewan llama di Peru. Keadaannya masih betul halus dan dihiasi pita warna-warni. Llama ini diperkirakan dikurbankan Suku Inca lebih dari 500 tahun lalu.

Sama dengan dilaporkan jurnal Antiquity, sisa llama yang dimumikan secara alami ini ditemukan dan dipelajari oleh para peneliti dari Universitas Calgary dan Universidad de Huamanga, Peru, di permukiman Inka, Tambo Viejo, Lembah Acari, pantai selatan Peruvian.

Baca juga: 59 Kotak Mati Berisi Mumi Berusia dua. 600 Tahun Ditemukan di Mesir 

Selama penggalian, mereka menemukan setidaknya empat llama yang dimumikan secara alami di bawah gedung. Kemudian ada llama lainnya dengan telah membusuk dan kemungkinan sebab sisa jasadnya dijarah oleh karakter lain.

Di tepi mumi llama, ditemukan juga bulu burung tropis berwarna cerah. Cerai-berai ada marmut yang dihias.

Penanggalan radiokarbon telah menunjukkan bahwa hewan itu dibunuh pada beberapa titik antara 1432 & 1459, tepat setelah wilayah tersebut dihuni oleh Suku Inca.

Bagi Suku Inca, hewan llama tidak sekadar diambil dagingnya sebagai sumber makananan. Namun, lebih dari itu. llama juga mempunyai peran penting dalam budaya, ritus, serta kehidupan politik mereka.

Baca juga: Penyelidik Mendengar Suara Mumi Berusia 3. 000 Tahun, Ini Caranya